Pendidikan Agama Kristen pada Kehidupan Pranatal Keluarga Kristiani

Main Article Content

Widiarto Boro Allo

Abstract

Education is a continuous effort to teach, educate, encourage and develop children’s potential. Education can not only be done in the school environment, but also in the family environment. In the perspective of the Christian faith, education begins in the womb. Education during the womb (prenatal) is education carried out by parents to their children, before the child is born. This is a sign that parents are carefully preparing children with Christian characters, who are able to grow in their existence as Christian youths. The main goal of educating children in the womb is not for intelligence, but stimulating children to have physical and spiritual potential that is ready to be developed in the real world. By using a literature review method, namely by examining various reading sources related to the research topic, it was found that prenatal education was oriented towards Christian religious education in the family which indirectly started from the mother, by maintaining behavior based on Christian faith, emotions, and being an example in behavior. Through this research, it is hoped that all family members will be able to grow, develop, and act according to Christian teachings and faith, to get to know Jesus Christ better.


Pendidikan adalah usaha berkesinambungan untuk mengajar, mendidik, mendorong dan mengembangkan potensi anak. Pendidikan tak hanya dapat dilakukan di lingkungan sekolah, tapi juga di lingkungan keluarga. Dalam perspektif iman Kristen, pendidikan dimulai sejak dalam kandungan. Pendidikan semasa dalam kandungan (Pranatal) adalah pendidikan yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya, sebelum anak itu lahir. Hal itu merupakan tanda bahwa orang tua dengan matang mempersiapkan anak yang berkarakter kristiani, yang mampu bertumbuh dalam eksistensinya sebagai pemuda kristen. Mendidik anak dalam kandungan tujuan utamanya bukan agar anak memiliki kepandaian, melainkan menstimulasi anak memiliki potensi jasmani dan rohani yang siap dikembangkan di dunia nyata. Dengan menggunakan metode penelitian studi kepustakaan kualitatif, yakni dengan meneliti berbagai sumber bacaan yang terkait dengan topik penelitian, ditemukan hasil penelitian bahwa Pendidikan Pranatal berorientasi dari Pendidikan Agama Kristen dalam keluarga yang secara tidak langsung  (indirect education) dimulai dari Ibu, dengan cara menjaga perilaku sesuai iman Kristen, emosi, serta menjadi teladan dalam berperilaku. Melalui penelitian ini, diharapkan semua anggota keluarga mampu bertumbuh, berkembang, dan bertingkah sesuai dengan ajaran dan iman Kristen, untuk semakin mengenal Yesus Kristus. 

Article Details

How to Cite
Boro Allo, W. (2022). Pendidikan Agama Kristen pada Kehidupan Pranatal Keluarga Kristiani. PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(1), 31-42. https://doi.org/10.34307/peada.v3i1.61
Section
Articles

References

Abidah, Siska Nurul, and Fritria Dwi Anggraini. “Family Centered Maternity Care (FCMC) Sebagai Salah Satu Upaya Memotivasi Ibu Hamil Dalam Menjaga Kesehatan Saat Kehamilan, Berbasis Keluarga.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan 7, no. 2 (2021): 77–80.

Barnadib, Sutari Imam. Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis. Andi Offset, 1995.

Bougenville, Jl, Tateli Satu, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa, and Semuel Selanno. “Menelaah Pendidikan Kehidupan Pra-Natal Berbasis PAK Keluarga.” Jurnal IAKN Manado (n.d.).

Carr, F. Rene Van de. Cara Baru Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan. Kaifa, 2003.

Fuady, M. Noor, and Rusdiana. “Model Pendidikan Anak Dalam Kandungan.” Banjarmasin: Antasari Press 2 (2019): 65–69.

Groome, H, and Thomas. Pendidikan Agama Kristen – Berbagi Cerita Dan Visi Kita. BPK Gunung Mulia, 2011.

Harini, Sri, and Aba Firdaus Al-Halwani. Mendidik Anak Sejak Dini. Yogyakarta, 2003.

Hendriana, Evinna Cinda, and Arnold Jacobus. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan.” JPDI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 1, no. 2 (2016): 25–29.

Hyoscyamina, Darosy Endah. “Peran Keluarga Dalam Membangun Karakter Anak.” Jurnal Psikologi Universitas Diponerogo 10, no. 2 (2012): 144–152.

Idrris, Zahara. Pengantar Pendidikan. PT. Grasindo, 1992.

IKIP, Tim Dosen FIP. Pengantar Dasar-Dasar Kependidikan. Usaha Nasional, 1991.

Islam, Ubes Nur. Mendidik Anak Dalam Kandungan. Edited by Dendi Irfan. Keenam. Jakarta: Gema Insani, 2008.

Julianovia, Rotua, Rebecca Hutagalung Sekolah, Tinggi Teologi, and Jaffray Jakarta. “Peranan Pendidikan Agama Kristen Bagi Pembinaan Anak Tunagrahita.” Integritas: Jurnal Teologi 1, no. 2 (January 17, 2019): 156–167. Accessed January 17, 2022. https://journal.sttjaffrayjakarta.ac.id/index.php/JI/article/view/15.

Purwanto, Ngalim. Ilmu Pendidikan. Cetakan ke. Kecamatan Mandolang: BPK Gunung Mulia, 1991.

R., Boehlke Robert. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen: Dari Yohanes Amos Comenius Sampai Perkembangan PAK Di Indonesia, n.d.

Rehani. Berawal Dari Keluarga Revolusi Belajar Cara Al-Quran. Hikmah. Jakarta, 2003.

RI, Departemen Kesehatan. Ibu Sehat Bayi Sehat. Departemen Kesehatan, 1991.

RI, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1993.

Selanno, Semuel. “Menelaah Pendidikan Kehidupan Pra-Natal Berbasis PAK Keluarga.” Jurnal IAKN Manado (n.d.).

Sidjabat, B. S. Membesarkan Anak Dengan Kreatif: Panduan Menanamkan Iman & Karakter Kepada Anak Sejak Dini (Edisi Revisi). Edited by Tri Widyatmaka and Parto. 5th ed. Yogyakarta: Andi Offset, 2012.

Sugiarto, Eko. Menyusun Proposal Penelitian Kualititatif: Skripsi Dan Tesis. Edited by Tim Desain Suaka Media. Pertama. Yogyakarta: Suaka Media, 2015.

SUKATIN. “Pendidikan Anak Dalam Kandungan.” AKTUALITA jurnal penelitian sosial dan keagamaan 9 (2019): 49–65.

Toraja, Badan Pekerja Sinode Gereja. Naskah Liturgis Kada Mangulampa’ Gereja Toraja. Edited by Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja. Sementara. Toraja: BPS Gereja Toraja, 2014.

Vol, Jurnal Al-makrifat. “Jurnal Al-Makrifat Vol 2 , No 2 , Oktober 2017” 2, no. 2 (2017): 124–137.

Yahya, Dr Nadjibah. “Pendidikan Janin Selama Masa Kehamilan.” Last modified 2021. Accessed December 12, 2021. https://doktersiaga.com/blog/view/pendidikan-janin-selama-masa-kehamilan.

Yaniawati, R. Poppy. Penelitian Studi Kepustakaan (Library Research). Penyamaan. Jawa Barat: Lingkungan Dosen FKIP Unpas, 2020.

Yozardi, Hendrati Handini. 9 Bulan Yang Menakjubkan. Majalah Ay. Jakarta: Yayasan Aspirasi Pemuda, 1999.