PEADA': Jurnal Pendidikan Kristen

Peada’ dari kata dasar ada’ artinya ajar, ajaran; peada’ artinya nasihat. Nasihat dipahami sebagai ajaran atau pelajaran baik. Sebabnya, konsep peada’ bermuara pada pendidikan karakter yang merupakan inti didikan orang tua bagi anak atau generasi muda pada umumnya dalam kehidupan masyarakat Toraja. Bukti autentik dalam masyarakat Toraja adalah londe (pantun) dalam berbagai jenis termasuk jenis pantun nasihat yang digunakan dalam mendidik generasi muda dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam konteks kekristenan, ada kitab Amsal yang diterjemahkan Sarambu Peada’. Sarambu Peada’ terutama ditujukan kepada anak-anak muda; mengajarkan bahwa hikmat yang sejati tidak dapat diperoleh di luar Allah. Hikmat itu menolong membedakan yang baik dan jahat, benar dan salah, sudut pandang Ilahi atau manusiawi (bdk. Amsal 1:2-7). Sarambu Peada’ berisi hal-hal yang mudah dilakukan tanpa batas waktu. Secara konotatif maupun denotatif makna peada’ selalu mengarah pada hikmat (kakinaan).

Yesus yang adalah Guru Agung selain mengajarkan pengetahuan untuk mengisi hati dan pikiran para murid, sekaligus menggunakan kehidupannya sebagai buah pengajaran-Nya untuk menguatkan dan meneguhkan orang percaya. Karena itu, peada’ yang benar hanya dijumpai dalam Kristus. Pada konteks itulah Jurnal Peada’ hadir, memuat artikel dan penelitian dari para cendekia Kristen sehingga menjadi sumber pengetahuan yang dapat diajarkan atau dipelajari sehingga menimbulkan hikmat dalam mengelola kehidupan yang memuliakan Allah.

Call for Papers (CLOSED)

2023-11-03

This call for paper is now closed for the December 2023 edition. Authors may submit their papers for consideration for the June and December 2024 editions.

Vol. 4 No. 1 (2023): Juni 2023

Published: 2023-06-03

Pendidikan Kristiani Multikultural dalam Kurikulum Katekisasi di Resort GKE Kasongan

Indah Sriwijayanti

1-15

Abstract Views: 144 times | Downloaded: 244 times
DOI: https://doi.org/10.34307/peada.v4i1.62

Implikasi Teori Humanistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Era Digitalisasi 4.0

Gideon Widiono, Yosep Iswanto Padabang

16-30

Abstract Views: 183 times | Downloaded: 154 times
DOI: https://doi.org/10.34307/peada.v4i1.33

Merangkul Anak dalam Pelayanan Kasih Sayang Berdasarkan Konteks Gereja Toraja

Yanni Paembonan, Rindi Indraswary, Agustian Simu, Julianti Irri

31-43

Abstract Views: 97 times | Downloaded: 229 times
DOI: https://doi.org/10.34307/peada.v4i1.100

Jejak Ziarah Pemikiran Heidegger dalam Ruang Pendidikan Konseling Kristen Atas Sorge-Entschlossenheit-Angst- Zeitlichkeit

Alfonso Munte

44-58

Abstract Views: 363 times | Downloaded: 868 times
DOI: https://doi.org/10.34307/peada.v4i1.78

Implementasi Model STAD untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI IPA 6 di SMA Negeri 1 Tana Toraja

Natasia Irene, Syani Bombongan Rante Salu, Theo Dedy Palimbunga'

59-71

Abstract Views: 55 times | Downloaded: 64 times
DOI: https://doi.org/10.34307/peada.v4i1.97
View All Issues