Strategi Optimalisasi Implementasi Pendidikan Karakter Pada Kurikulum PAK Tingkat SMA Acuan K-13

Authors

  • Edwin Ballu IAKN Toraja

DOI:

https://doi.org/10.34307/peada.v2i2.53

Keywords:

curriculum, strategy, character, implementation, optimal

Abstract

There is a decline in character values as indicated by an increase of moral decadence indicators, such as dropouts due to promiscuity, gambling, drug abuse among students, brawls between students, and gangs that unsettle the public, and other social issues that involve students. These issues are a barometer that character education has not optimally implemented. The study concentrated on the research question and research objectives of how to optimize character education through K-13. The strategy implementation to maximize the embed of character values can realize through three main approaches: integrating character values through PAK subjects, extracurricular activities, and school culture. Theories are used in action research by referring to curriculum theory and character education using qualitative research methods.

Kemerosotan nilai karakter yang ditunjukkan dengan meningkatnya indikator dekadensi moral, seperti; kasus putus sekolah karena pergaulan bebas, perjudian, penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar, tawuran antar pelajar, geng yang meresahkan masyarakat dan masalah sosial lainnya yang melibatkan pelajar. Isu-isu tersebut menjadi barometer bahwa pendidikan karakter belum dilaksanakan secara optimal. Kajian dikonsentrasikan pada pertanyaan penelitian sekaligus tujuan penelitian bagaimana mengoptimalkan pendidikan karakter melalui K-13. Proses implementasi sebagai strategi dengan maksud optimalisasi penanamam nilai-nilai karakter dapat terwujud dengan baik, melalui tiga strategi utama yaitu melalui pengintegrasian nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran PAK, melalui kegiatan ekstrakurikuler, dan melalui budaya sekolah. Teori yang digunakan dalam penelitian tindakan dengan merujuk pada teori kurikulum dan pendidikan karakter dengan menggunakan metode penelitian kualitatif.

References

Akdon. Manajemen Strategik Untuk Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.

Antone, Hope S. Pendidikan Kristiani Kontekstual, Mempertimbangkan Realitas Kemajemukan Dalam Pendidikan Agama. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.

Borrong, Robert P. Melayani Makin Sungguh. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.

Dahar, Ratna Wilis. Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga, 2011.

Dewey, Jhon, dan Robert P Pazmino. Fondasi Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2013.

Fiah, Rifda El. Bimbingan Dan Konseling Anak Usia Dini. Depok: Rajagrafindo Persada, 2016.

Gandhi, Teguh Wangsa. FIlsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Gasong, Dina, dan Berthin Simega. Dimensi Psikologis Dalam Pendidikan. Rantepao: SULO, 2011.

Groome, Thomas H. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.

Halim, Andreas. “Character.” Kamus Lengkap Inggris-Indonesia. Surabaya: Sulita Jaya, 2019.

Hulu, Yuprieli., et.al. Bertumbuh Dalam Kristus PAK SMA Kelas X. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2002.

———. Suluh Peserta Didik 1 Pendidikan Agama Kristen SMA Kelas X. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.

———. Suluh Peserta Didik :1 Bertumbuh Dalam Kristus. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.

Jhonson, Elaine B. Contextual Teaching and Learning. Bandung: MLC, 2009.

Kobong, Th. Kepemimpinan Dan Pembinaan Warga Gereja. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1998.

Koesoema, Doni A. Pendidikan Karakter: Utuh Dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius, 2012.

———. Pendidikan Katakter Di Zaman Keblinger. Jakarta: Grasindo, 2009.

Kusnandar. Guru Profesional. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2010.

Lebar, Lois E. Education That Is Christian. Malang: Gandum Mas, 2006.

Lickona, Thomas. Educating for Character. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Milne, Bruce. Mengenali Kebenaran. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2002.

Patilima, Hamid. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2011.

Prasetya, Paulus Dian., et.al. PAK Dan Budi Pekerti SMU Kelas X: Pedoman Kehidupan 1. Yogyakarta: ANDI, 2014.

Prayitno. Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, Sekolah Menengah Umum (SMU). Jakarta: Penebar Aksara, 1998.

Sagala, Syaiful. Manajemen Strategik Dalam Pendidikan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.

Seymour, Jack. L. Memetakan Pendidikan Kristiani. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.

Sukardi. Metodologi Penelitian Tindakan Kompetensi Dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Susabda, Yakub B. Administrasi Gereja. Malang: Gandum Mas, 1997.

Susilo, Williy. Membangun Karakter Unggul: Panduan Praktis Meraih Sukses Seutuhnya. Yogyakarta: ANDI, 2013.

Turansky, Scott, dan Joanne Miller. Cara Mengatasi Anak Nakal. Jakarta: Buana Ilmu Populer, 2007.

Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi: Membangun Karakter Ideal Mahapeserta Didik Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Wirakotan, J.H. Seri Membangun Bangsa, Kepemimpinan Dan Pembinaan Warga Gereja. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1998.

“Dokumen 1 Kurikulum SMA Negeri 1 Toraja Utara TP 2018/2019,” n.d.

Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerjti Kelas 7. Jakarta: Kementiran Pendidikan dan Kebudayaan & Kementerian Agama Republik Indonesia, 2014.

Pendidikan Karakter Kumpulan Inspiratif. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional, 2010.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tentang Standar Nasional Pendidikan, 2005.

Undang-Undang No. 20 Tentang Sisdiknas, 2003.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tentang Guru Dan Dosen, 2005.

Wawancara:

Alik, Frida. wawancara oleh penulis, 19 Mei 2020;

Bua’, Abraham Toding. wawancara oleh penulis, 17 Mei 2020.

Daza, Yaniza Dela. Wawancara oleh penulis, 12 Mei 2020

Elvis, Christabela. wawancara oleh penulis, 11 Mei 2020.

Johanes, Hulda Septania. wawancara oleh penulis, 11 Mei 2020;

Messiman, Jepri B. wawancara oleh penulis 12 Mei 2020.

Pakkung, Heslian Krisce. wawancara oleh penulis, 19 Mei 2020;

Rita wawancara oleh penulis, 18 Mei 2020

Singkali, Eka. wawancara tanggal 11 Mei 2020

Tandililing, Filadelfia R. wawancara oleh penulis, 12 Mei 2020,

Tonapa, Fronika. wawancara oleh penulis, 19 Mei 2020

Yosep. wawancara oleh penulis, 25 Mei 2020.

Published

2021-12-30