Pembelajaran Dengan Pendekatan Sainitifik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas XII SMK Nusantara Palu

Main Article Content

Freliyanti

Abstract

They are learning against the scientific studies Christianity in class XI SMK Nusantara Palu, a lack of the institution of a school or teacher Christianity in developing learning the rendering in 2013. curriculum. The research was to see how the school or teacher Christianity uses creative learning the rendering in a lesson. Christian religious education Quantitative is the method used for the data process associated with Statistics. Data processing was using manual calculations based on the survey research distributed and occupied by students. Learning by a scientific approach to heed the Christian religion is very necessary and can help the teacher involve students in the process of learning activities. There should have been motivated to increase student learning activities and improve student learning activities. Motivated teachers who had children by passion and enterprising in learning. The results of the study in the article that a student expresses the teaching process become active in education Christianity and Christian education teachers be motivated to creative.


Pembelajaran dengan pendekatan saintifik terhadap mata pelajaran pendidikan agama Kristen di kelas XI SMK Nusantara Palu, Pada setiap kegiatan proses pembelajaran selain diterapkannya pendekatan saintifik seorang guru harus mampu menetapkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diberikan kepada siswa masih membangun keaktifan siswa untuk mulai bertanya atau untuk berpikir secara kreatif tetapi kenyataannya masih kurangnya lembaga sekolah atau guru agama Kristen dalam mengembangkan atau menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang ada di dalam kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana lembaga sekolah atau guru agama kristen dalam memberikan pembelajaran yang kreatif dalam hal ini menggunakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dalam pelajaran Pendidikan Agama Kristen. kuantitatif adalah metode yang dipakai karena data yang diolah berhubungan dengan statistik. Pengolahan data dilakukan berdasarkan angket penelitian yang di bagikan dan di isi oleh siswa. pembelajaran dengan pendekatan saintifik terhadap pelajaran agama kristen sangat perlu dan dapat membantu peserta didik dalam membuat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran agar aktif. Maka untuk meningkatkan aktivitas belajar anak, perlu adanya motivasi-motivasi guru yang sekiranya anak-anak menjadi semangat dan giat dalam belajar. Hasil kajian dalam artikel ini mengungkapkan bahwa siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.

Article Details

How to Cite
Freliyanti. (2021). Pembelajaran Dengan Pendekatan Sainitifik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas XII SMK Nusantara Palu. PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(2), 134-149. https://doi.org/10.34307/peada.v2i2.48
Section
Articles