Implikasi Teori Humanistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Era Digitalisasi 4.0

Main Article Content

Gideon Widiono
Yosep Iswanto Padabang

Abstract

Keberadaan suatu proses pembelajaran, akan berjalan dengan baik apabila dalam pelaksanaannya disesuikan dengan prinsip dan pola pembelajaran sesuai konteks serta rumpun Pendidikan itu sendiri. Sebagaimana ketika berbicara tentang Pendidikan Agama Kristen maka perlu disesuiakan dengan konteks dari pengajaran Alkitab, yaitu manusia perlu ajar dan dituntun untuk masuk dalam kehendak dan rencana Tuhan. Sedangkan pembelajaran humanistik adalah suatu proses humanisasi atau memanusiakan manusia menjadi manusia yang sadar akan dirinya dalam pikiran, perasaan dan keberanian atau perbuatan. Selanjutnya, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana pembelajaran humanistik diaplikasikan dalam pembelajaran pendidikan Agama Kristen? Khususnya di Era Ditalisasi 4.0 ini yang sangat memberikan peran pada Pendidikan Agama Kristen. Penulis mengunakan metode penelitian kualitatif. Metode ini merupakan suatu strategi inquiry dalam menekankan pencarian makna, pengertian, konsep, kerakteristik, gejala, simbol, maupun deskripsi mengenai suatu fenomena; fokus dan multi metode, bersifat alami dan holistik; mengutamakan kualitas, menggunakan beberapa cara, serta disajikan secara naratif. Pada akhirnya hasil yang penulis dapatkan adalah memanusiakan manusia menjadi manusia seutuhnya dalam konteks dan penerapan Pendidikan Agama Kristen adalah membuat manusia itu mengenal dan mengetahui siapa penciptanya secara utuh yang kemudian menjadikan dirinya secara utuh dalam memperoleh segala sesuatu yang dia inginkan yang juga sesuai dengan maksud dan kehendak Tuhan.

Article Details

How to Cite
Widiono, G., & Padabang, Y. I. (2023). Implikasi Teori Humanistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Era Digitalisasi 4.0. PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen, 4(1), 16-30. https://doi.org/10.34307/peada.v4i1.33
Section
Articles

References

Amir Hamzah. Metode Penelitian Kepustakaan: Library Research. Malang: Literasi Nusantara, 2020.

Arbayah. “MODEL PEMBELAJARAN HUMANISTIK.” Dinamika Ilmu Vol 2 (2013): 204–220.

Budi Agus Sumantri, Nurul Ahmad. “Teori Belajar Humanistik Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3 (2019): 1–18.

Chairul Anwar. Teori-Teori Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD, 2017.

Creswell, John W. Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Enklaar, E.G. Homrighausen & I.H. Pendidikan Agama Kristen. 29th ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.

Enklaar, E.G.Homrighausen, and I.H.Pendidikan Agama Kristen. Pendidikan Agama Kristen. 29th ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.

Esti Regina Boiliu, Noh Ibrahim Boiliu, Djoys Anneke Rantung. “Teori Belajar Humanistik Sebagai Landasan Dalam Teknologi Pendidikan Agama Kristen.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 2 (2022): 1767–1774.

Fitri. “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “ Startegi dan Implementasi Pendidikan Karakter Pada Era Revolusi Industri 4.0” (n.d.): 91–96.

Hamdan. “Industri 4.0: Pengaruh Ravolusi Industri Pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi.” Jurnal Nusantara: Aplikasi Manajemen Bisnis 03, no. 02 (2018): 1–8.

Hoedi Prasetyo, Wahyudi Sutopo. “Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset.” J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri 13, no. 01 (2018): 17–26.

Iris V. Cully. Dinamika Pendidikan Kristen. Jakarta: Gunung Mulia, 2011.

Jemima Maria Shalom, Roce Marsaulina. “Aplikasi Teori Belajar Humanis Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Luxnos 7, no. 2 (2021): 222–236.

Junihot Simanjuntak. Filsafat Pendidikan Dan Pendidikan Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2013.

Khoe Yao Tung. Filsafat Pendidikan Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2013.

Moh Yamin. Toeri Dan Metode Pembelajaran. Malang: Madani, 2015.

Muchamad Chairul Uman. “Inplementasi Teori Belajar Humanistik Carl R. Rogers Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 5 (2019): 247–264.

Murida Yunailis. “Kajian Teori Humanistik Maslow Dalam Kurikulum 2013.” Jurnal Kependidikan Islam Vol 9. (2019): 1–11.

Nursanjaya. “Aplikasi Teori Humanistik Dalam Interaksi Dosen-Mahasiswa Di Perguruan Tinggi.” NEGOTIUM: Ilmu Administrasi Bisnis Vol 3 (2020): 23–38.

Rer. Nat. H. Rayandra Asyhar. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada, 2011.

THOMAS H. GROOME. CHRISTIAN RELIGIOUS EDUCATION. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.

Yus Mochamad Cholity, Windi Tunas Putri, Putri Ayu Kusgiaromah. “Pembelajaran Di Era Revolusi 4.0.” Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 01, no. 01 (2019): 1–6.

Yusuf, A. Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. 5th ed. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP, 2019.