Tantangan Guru Kristen Dalam Mendidik Karakter Siswa Melalui Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring

Authors

  • Wiyun Philipus Tangkin Universitas Pelita Harapan
  • Augusthin E Banoet Sekolah Lentera Harapan Daoboto

DOI:

https://doi.org/10.34307/peada.v2i1.32

Keywords:

Character, Students, Challenge, Online, Karakter, Siswa, Tantangan, Daring

Abstract

Research conducted by the Indonesian child protection commission (KPAI), suggests that many school-age children should be connected with law, put Indonesia in a character education emergency. As for the coronavirus disease pandemic (covid-19) sweeping the globe, it has had a profound impact on various areas of human life, one that is educational, so the government has designated one of the methods of online learning as part of remote learning (PJJ). Applying online learning methods, becoming a new challenge for teachers, especially in educating students' character. The formulation is ow Christian teacher face challenge in educating students' character through character education in online learning? The purpose of writing this paper is to know the challenge of educating the character of the student through online study, having seen the effects it can have.  The result of the research are, 1) be creative in presenting learning materials, especially in educating students' character, 2) build good relations with learners, 3) view his role as a transformation agent essential in setting an example, 4) realize the importance of the holy ghost's role in developing the character of learners.

 

Berdasarkan riset yang dilakukan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), menunjukkan bahwa banyak anak usia sekolah harus berhubungan dengan hukum, hal ini membuat Indonesia berada dalam darurat pendidikan karakter. Adapun Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) yang sedang melanda dunia, berdampak besar dalam berbagai bidang kehidupan manusia salah satunya dalam bidang pendidikan, sehingga pemerintah menetapkan salah satu metode pembelajaran daring sebagai bagian dari Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Diterapkannya metode pembelajaran daring, menjadi tantangan baru bagi guru, terutama dalam hal mendidik karakter siswa. Rumusan Masalahnya ialah bagaimana guru Kristen menghadapi tantangan dalam mendidik karakter siswa melalui Pendidikan karakter pada pembelajaran daring? Tujuan dari penulisan makalah ini ialah, untuk mengetahui tantangan guru Kristen dalam mendidik karakter siswa melalui pembelajaran daring, setelah melihat berbagai dampak yang ditimbulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, seorang guru perlu untuk, 1) kreatif dalam menyajikan materi pembelajaran, terutama dalam mendidik karakter siswa, 2) membangun relasi yang baik dengan peserta didik, 3) memandang perannya sebagai agen tranformasi sangat penting, 4) menyadari pentingnya peran Roh Kudus dalam menumbuhkan karakter peserta didik.

 

References

Agustina, F. & Maulipaksi, D. “Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan » Republik Indonesia.” Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Last modified 2017. Accessed June 15, 2021. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/01/pesan-presiden-jokowi-tentang-pendidikan-karakter.

Ali, Aisyah M. “Pendidikan Karakter - Google Books.” Last modified 2018. Accessed June 13, 2021. https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_Karakter/fT3NDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Pendidikan+Karakter:+Konsep+dan+Implementasinya+Edisi+Pertama&pg=PR3&printsec=frontcover.

Batubara, H. “Pembelajaran Berbasis Web Dengan Moodle Versi 3.4 - Google Books.” DEEPUBLISH. Last modified 2018. Accessed June 15, 2021. https://www.google.co.id/books/edition/Pembelajaran_Berbasis_Web_Dengan_Moodle/J-NeDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pembelajaran+berbasis+web+dengan+moodle+versi+3.4&printsec=frontcover.

Bavinck, Herman. Reformed Dogmatics: Abridged in One Volume. United States of America: Baker Academic, 2011.

Brownlee, Malcom. “Pengambilan Keputusan Etis Dan Faktor Faktor Di Dalamnya - Google Books.” Gunung Mulia. Last modified 2006. Accessed June 14, 2021. https://www.google.co.id/books/edition/Pengambilan_Keputusan_Etis_Dan_Faktor_Fa/qPElxKUeYSkC?hl=id&gbpv=1&dq=Pengambilan+Keputusan+Etis+dan+Faktor-Faktor+di+Dalamnya&printsec=frontcover.

Calvin, Yohanes. “INTITUTIO - Pengajaran Agama Kristen” (2009): 350.

Debora, Kiki, and Chandra Han. “Pentingnya Peranan Guru Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen.” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 2, no. 1 (2020): 1–14.

Estep Jr., James R.; Anthony, Michael J.; Allison, Gregg R. “A Theology for Christian Education - Google Books.” Tyndale Charitable Trust. Last modified 2004. Accessed June 14, 2021. https://www.google.co.id/books/edition/A_Theology_for_Christian_Education/hiF4Bk-v6RIC?hl=id&gbpv=1&dq=A+Theology+for+Christian+Education&printsec=frontcover.

Faizah., Rahma, Ulifa., Dara, Yuliezar. Perwira. “Psikologi Pendidikan - Google Books.” UB MEDIA. Last modified 2017. Accessed June 15, 2021. https://www.google.co.id/books/edition/Psikologi_Pendidikan/tRJTDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=psikologi+pendidikan:+Aplikasi+teori+di+Indonesia&printsec=frontcover.

Hairun, Yahya. “Evaluasi Dan Penilaian Dalam Pembelajaran - Google Books.” Last modified 2020. Accessed June 11, 2021. https://www.google.co.id/books/edition/Evaluasi_Dan_Penilaian_Dalam_Pembelajara/GLTqDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Evaluasi+Dan+Penilaian+Dalam+Pembelajaran&printsec=frontcover.

Hoekema, Anthony A. “Created in God’ s Image” (2009): 71–74.

Kasih, Ayunda. Pinta. “Mendikbud Jelaskan 3 Fokus Penyederhanaan Kurikulum Selama Pandemi - Kompas.Com.” Last modified 2020. Accessed June 11, 2021. https://amp.kompas.com/edu/read/2020/07/03/120021871/mendikbud-jelaskan-3-fokus-penyederhanaan-kurikulum-selama-pandemi.

Knight, George. R. FILSAFAT PENDIDIKAN KNIGHT.Pdf. Jakarta: Universitas Pelita Harapan Press, 2009.

Pohan, Albert Efendi. “KONSEP PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH - Google Books.” Last modified 2020. Accessed June 11, 2021. https://www.google.co.id/books/edition/KONSEP_PEMBELAJARAN_DARING_BERBASIS_PEND/s9bsDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Konsep+Pembelajaran+Daring+Berbasis+Pendekatan+Ilmiah&printsec=frontcover.

Prijanto, Jossapat Hendra. “Panggilan Sebagai Guru Kristen Wujud Amanat Agung Yesus Kristus Dalam Penanaman Nilai Alkitabiah Pada Era Digital [A Christian Teacher’s Calling in Response to Jesus Christ’s Great Commission in Instilling Biblical Values in a Digital Era].” Polyglot: Jurnal Ilmiah 13, no. 2 (2017): 13.

Rosidutan. “Model Implementasi Pendidikan Karakter - Google Books.” Caramedia Communication. Last modified 2018. Accessed June 15, 2021. https://www.google.co.id/books/edition/Model_Implementasi_Pendidikan_Karakter/6VNLDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1.

Sagala, Syaiful. “Etika & Moralitas Pendidikan - Google Books.” K E N C A N A. Last modified 2013. Accessed June 14, 2021. https://www.google.co.id/books/edition/Etika_Moralitas_Pendidikan/mFFADwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Etika+dan+Moralitas+Pendidikan:+Peluang+dan+Tantangan&printsec=frontcover.

Setiawan, David Eko. “Kelahiran Baru Di Dalam Kristus Sebagai Titik Awal Pendidikan Karakter Unggul.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 3, no. 2 (2019): 154.

Sudarsana, I Ketut; Lestari, Ni Gusti Ayu Made Yeni; Wijaya, I Komang Wisnu Budi; Krisdayanthi, Astrid; Andayani, Komang Yuli; Trisnadewi, Komang; Muliani, Ni Made; Dewi, Ni Putu Sasmika; Suparya, I Ketut; Guanawan, I Gede Dharmawan; Kusumawati, Niluh Ari, I Made Putra. “COVID-19: Perspektif Pendidikan - Google Books.” Last modified 2020. Accessed June 11, 2021. https://www.google.co.id/books/edition/COVID_19_Perspektif_Pendidikan/mPvrDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=COVID-19:+Perspektif+Pendidikan&printsec=frontcover.

, Sukatin; Al-Faruq, M. Soffia Saifillah. “Pendidikan Karakter - Dr. Sukatin, S.Pd.I., M.Pd.I., Dr. M. Shoffa.Saifillah Al-Faruq, M.Pd.I. - Google Buku.” Last modified 2020. Accessed June 13, 2021. https://books.google.co.id/books?id=7kcyEAAAQBAJ&newbks=0&printsec=frontcover&pg=PA66&dq=asumsi+pendidikan+dalam+kehidupan+manusia&hl=id&source=newbks_fb&redir_esc=y#v=onepage&q=asumsi pendidikan dalam kehidupan manusia&f=false.

Sukiyat, H. “Strategi Implementasi Pendidikan Karakter - Google Books.” CV. Jakad Media Publishing. Last modified 2014. Accessed June 15, 2021. https://www.google.co.id/books/edition/Strategi_Implementasi_Pendidikan_Karakte/g6XODwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=strategi+implementasi+pendidikan+karakter&printsec=frontcover.

Suranto. “ASESMEN TEMAN SEJAWAT (ATS) Sebuah Kajian Teoritis Berbasis Model Pembelaja... - Google Books.” Last modified 2018. Accessed June 15, 2021. https://www.google.co.id/books/edition/ASESMEN_TEMAN_SEJAWAT_ATS_Sebuah_Kajian/ksfODwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Asesmen+Teman+Sejawat+(ATS):+Sebuah+Kajian+Berbasis+Model+Pembelajaran+Kolaboratif+(PBK)&printsec=frontcover.

Suyadi. “Kepemimpinan Guru: Kepemimpinan Guru.” Al-Bidayah 6, no. 1 (2013): 115–124. https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index.

Utomo, Bimo Setyo. “(R)Evolusi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mentransformasi Kehidupan Siswa.” DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 2 (2017): 102.

Zubaedi. “Desain Pendidikan Karakter - Google Books.” K E N C A N A. Last modified 2015. Accessed June 15, 2021. https://www.google.co.id/books/edition/Desain_Pendidikan_Karakter/fje2DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=desain+pendidikan+karakter:+konsepsi+dan+aplikasi+dalam+lembaga+pendidikan+edisi+pertama&pg=PR4&printsec=frontcover.

“Ada 504 Kasus Anak Jadi Pelaku Pidana, KPAI Soroti Pengawasan Ortu.” Accessed June 15, 2021. https://news.detik.com/berita/d-4128703/ada-504-kasus-anak-jadi-pelaku-pidana-kpai-soroti-pengawasan-ortu.

“KPAI: Tawuran Pelajar 2018 Lebih Tinggi Dibanding Tahun Lalu - Metro Tempo.Co.” Accessed June 15, 2021. https://metro.tempo.co/read/1125876/kpai-tawuran-pelajar-2018-lebih-tinggi-dibanding-tahun-lalu.

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles