Bimbingan Karir Berbasis Konsep Manusia Toraja di Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Herman Titting Institut Agama Kristen Negeri Toraja
  • Feriyanto Feriyanto Institut Agama Kristen Negeri Toraja

DOI:

https://doi.org/10.34307/peada.v2i2.30

Keywords:

manusia , bimbingan, karir, revolusi

Abstract

This research aims to review human concept-based career guidance in the Context of Toraja to help students in the era of the industrial revolution 4.0. The importance of this research is based on the background of the lack of student-oriented career guidance based on human concepts in its culture. The data is obtained using qualitative methods through literature studies, field observations, and interviews. The data was analyzed with a descriptive qualitative approach with steps according to Creswell, so that it found themes of career guidance based on human concepts in a particular culture. This study concludes that career guidance is very appropriate to be based on human concepts, such as the concept of lolo tau in the context of Toraja to prepare students for the industrial revolution 4.0.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bimbingan karir berbasis konsep manusia dalam konteks Toraja untuk membantu siswa di era revolusi industri 4.0. Pentingnya penelitian ini didasarkan pada latarbelakang kurangnya bimbingan karir yang berorientasi pada siswa berdasarkan konsep manusia dalam budayanya. Data diperoleh dengan menggunakan metode kualitatif melalui studi literatur, pengamatan lapangan dan wawancara. Data dianalisis dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan langkah-langkah menurut Creswell, sehingga ditemukan tema-tema bimbingan karir berbasis konsep manusia pada budaya tertentu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bimbingan karir sangatlah tepat untuk dapat didasarkan pada konsep manusia, seperti konsep lolo tau dalam konteks Toraja untuk mempersiapkan siswa menghadapi revolusi industri 4.0.

References

Angelina, Putri Ria. “Optimalisasi Bimbingan Dan Konseling Karir Di Era Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Sntp, 2018, 145–52. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/SNTP/article/view/255/226.

Ash Shiddiqy, Ahmad Rifqy, Uman Suherman, and Mubiar Agustin. “Efektivitas Bimbingan Karier Terhadap Kematangan Karier Mahasiswa.” Indonesian Journal of Educational Counseling 3, no. 3 (2019): 301–11. https://doi.org/10.30653/001.201933.115.

Bastomi, Hasan. “Pandangan Holistik Manusia Sebagai Akar Pengembangan Inovasi Konseling.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 12, no. 1 (2018): 105–22. https://doi.org/10.24090/komunika.v12i1.1330.

Bhakti, Caraka Putra. “Bimbingan Dan Konseling Komprehensif :” Jurnal Fokus Konseling 1, no. 2 (2015): 93–106.

Bruri, Moch. Triyono. “Pendidikan Vokasi Yang Berada Di Jalur Berbeda Dengan Pendidikan Jalur Akademi . Pada Abad 18-19 Melalui Industri Empat Seperti Yang Tersebutkan Di.” Tantangan Revolusi Industri Ke 4 (I4.0) Bagi Pendidikan Vokasi 4 (2017): 1–5.

Burga, Muhammad Alqadri. “Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik.” Al-Musannif: Journal of Islamic Education and Teacher Training 1, no. 1 (2019): 19–31. https://jurnal.mtsddicilellang.sch.id/index.php/al-musannif.

Eni Kusumawati. “Meningkatkan Kematangan Karir Remaja Melalui Bimbingan Karir Berbasis Life Skills.” Jurnal Konseling GUSJJIGAG 3, no. 1 (2017): 17–27.

Fikriyani, Devi Nurul. “PERENCANAAN PROGRAM BIMBINGAN KARIR DALAM Negeri Jakarta , Indonesia,” 2021, 1–14.

Galuh Mulyawan, Dede Rahamat Hidayat, and Aip Badrujaman. “Program Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Kemauan Kerja Siswa Kesetaraan Paket C Di Kota Serang.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 2 (2020): 250–54. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.4018.

Ghufron, M. A. “Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan.” Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2018, 332–37.

Hartono. “Study of Local Culture-Based Career Counseling on the Needs of Adolescent ’ s Perspective in Career Choice” 1, no. 2 (2020): 99–104.

Hidayah, Nur. “Aplikasi Cybercounseling Kognitif Perilaku Bagi Guru Bk Di Era Revolusi Industri 4 . 0,” 2020, 13–30.

Irmayanti, Rima. “Perencanaan Karier Pada Peserta Didik Smp.” Quanta 3, no. 1 (2019): 1–5. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497.

Kartadinata, Sunaryo. “Teori Bimbingan Dan Konseling.” Psychotherapy Research 10, no. 1 (2017): 1–16. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI_PEND_DAN_BIMBINGAN/195003211974121-SUNARYO_KARTADINATA/TEORI_BIMBINGAN_DAN_KONSELING-2.pdf.

Kurnia Sari; Vella Aulilya Istiqoma. “No TitleΕΛΕΝΗ.” Αγαη 8, no. 5 (2019): 55.

Lilly Nurillah. “Program Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Mahasiswa.” Innovative Counseling 1, no. 1 (2017): 67–85. https://doi.org/10.1016/S0168-9274(03)00035-7.

Long, Robert, Sue Hubble, and Philip Loft. “Careers Guidance in Schools, Colleges and Universities Inside: 1. Careers Guidance in Schools and Further Education Colleges 2. Careers Strategies 3. Organisations Providing Support 4. How Well Are Schools and Colleges Discharging Their Duties?,” no. 07236 (2020). www.parliament.uk/commons-library%7Cintranet.parliament.uk/commons-library%7Cpapers@parliament.uk%7C@commonslibrary.

Ma’na, Petrus, Andi Agustang, Jonathan Salusu, Andi Ikhsan, and Gufran Darma Dirawan. “Decision Making Strategic Value Based Local Wisdom Tongkonan North Toraja.” Man in India 95, no. 3 (2015): 633–39.

Muhali. “Arah Pengembangan Pendidikan Masa Kini Menurut Perspektif Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala, no. September (2018): 1–14. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/Prosiding/article/view/423/408.

Muliawaty, Lia. “Peluang Dan Tantangan Sumber Daya Manusia Di Era Disrupsi.” Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi 10, no. 1 (2019): 1. https://doi.org/10.23969/kebijakan.v10i1.1416.

Pambudi, Parid Rilo, Muslihati Muslihati, and Blasius Boli Lasan. “Strategi Untuk Membantu Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0.” JKI (Jurnal Konseling Indonesia) 5, no. 1 (2020): 28–33. https://doi.org/10.21067/jki.v5i1.4041.

Pitriana Trandililing, Syahriwana, Sri Nurwaliyuni, and Jayadi Nas. “Hubungan Budaya Lokal Dalam Pelayanan Pemerintahan Di Kabupaten Tana Toraja.” Government: Jurnal Ilmu Pemerintahan 1, no. 1 (2014): 47–57.

Sodik, Abror. Pengantar Bimbingan Dan Konseling. Journal of Chemical Information and Modeling. I. Vol. 53. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2017.

Suci Prasasti. “Konseling Lintas Budaya.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2013): 1689–99.

Sugandi Miharja. “Pengaruh Bimbingan Karir Pada Kematangan Karir Dan Efikasi Diri.” Al Isyraq 2, no. 2 (2019): 181–207.

Suryana, D. “Pendidikan Anak Usia Dini (Teori Dan Praktik Pembelajaran).” Unp Press Penerbit UNP Press Padang, 2013, 21–22.

Thomsen, Rie. “Career Guidance in Communities: A Model for Reflexive Practice,” 2017. http://derby.openrepository.com/derby/handle/10545/621596.

Tita Rosita, Rima Irmayanti, dan Heris Hendriana. “Urgensi Bimbingan Karir Di Sekolah Dasar.” Abdimas Siliwangi 03, no. 01 (2020): 199–205.

Wahidin, Wahidin. “Filsafat Dan Sains Dalam Pendidikan, Bimbingan Dan Konseling.” Jurnal Fokus Konseling 3, no. 2 (2017): 85. https://doi.org/10.26638/jfk.385.2099.

Widiyanti, Trihana, and Makin -. “Layanan Bimbingan Karir Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Pada Siswa Kelas Xii Smk Kesehatan Insan Mulia Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019.” G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 3, no. 2 (2019): 348–60. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.323

Published

2021-12-26