Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Kalis Stevanus Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu
  • Dwiati Yulianingsih Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu

DOI:

https://doi.org/10.34307/peada.v2i1.27

Keywords:

early childhood , Christian education, learning strategies, anak usia dini , pendidikan agama kristen, strategi pembelajaran

Abstract

Learning strategies are very important as a means of carrying out the learning process so that learning objectives are effective and learning materials can be absorbed properly by students. Learning will not be effective if the learning strategy is not suitable for the situation of the students. Early Childhood Education (PAUD) has unique characteristics, namely in the form of direct activities and various situations related to concrete interests and experiences that can be observed with motor activities. By using a descriptive qualitative approach, this article is intended to describe four learning strategies that can be applied to teach Christianity in Early Childhood, namely edutaintment learning strategies, expository learning strategies; problem-based learning strategies and learning strategies through storytelling.

Strategi pembelajaran sangatlah penting sebagai sarana untuk melakukan proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran menjadi efektif dan materi pembelajaran dapat diserap dengan baik oleh anak didik. Pembelajaran tidak akan efektif bila strategi pembelajarannya tidak cocok dengan keadaan peserta didiknya. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki karakteristik yang unik, yakni berupa aktivitas langsung dan pelbagai situasi yang berkaitan dengan minat dan pengalaman yang konkrit yang dapat diamati dengan aktivitas motorik. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, artikel ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan empat strategi pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengajarkan Agama Kristen pada Anak Usia Dini, yaitu strategi pembelajaran edutaintment, strategi pembelajaran ekspositori; strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran melalui mendongeng.

References

Ade Kusmiadi, Sriwahyuningsih, dan Yuyun Nurfalah. “Strategi Pembelajaran Melalui Metode Dongeng Bagi Pendidik PAUD.” Jurnal Ilmiah Visi PTK-PNF Vol.3, no. 2 (2008).

Balchin, John. Intisari Alkitab Perjanjian Lama. Jakarta: Persekutuan Pembaca Alkitab, 2008.

Dkk, Mirawati. “PPBK: Peningkatan Kemampuan Guru Paud Dalam Pengelolaan Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini.” JURNAL ABDIMAS UMTAS 2, no. 1 (2019).

Elisabeth. Pembelajaran PAK (Pendidikan Agama Kristen) Pada Anak Usia Dini ,. Bandung: Bina Media Informasi, 2009.

Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Hamruni. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani, 2012.

Hutabarat, Oditha R. Model-Model Pembelajaran Aktif Pendidikan Agama Kristen SD, SMP, SMA Berbasis Komptensi. Bandung: Bina Media Informasi, 2005.

Ismail, Andar. Selamat Menabur. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2017.

Kalis Stevanus. Mendidik Anak. Yogyakarta: Lumela, 2018.

———. Menjadi Orangtua Bijak : Solusi Mendidik Dan Melindungi Anak Dari Pengaruh Pergaulan Buruk. Yogyakarta: Yayasan Pusataka Nusatama, 2016.

Masitoh. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka, 2005.

Muafiah, Evi. “Strategi Pembelajaran Multiple Intelligences Di TK/RA Ponorogo”.” ThufuLA 4, no. 1 (2016).

Non-Serrano, Oditha R. Hutabarat dan Janse Belandina. Pedoman Untuk Guru PAK. Bandung: Bina Media Informasi, 2006.

Saripudin, Aip. “Strategi Edutainment Dalam Pembelajaran Di PAUD (Studi Kasus Pada TK Di Kota Cirebon).” AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak Vol. 4, no. No.1 (2018).

Sidjabat, B.S. Strategi Pendidikan Kristen: Suatu Kajian Teologis-Filosofis. Yogyakarta: Andi Offset, 1996.

Sidjabat, B.S. Menjadi Guru Profesional : Sebuah Perspektif Kristiani. Yogyakarta: Andi Offset, 2000.

Sidjabat, B.Samuel. Membesarkan Anak Dengan Kreatif. Yogjakarta: Andi Offset, 2008.

Sumiyatiningsih, Dien. Mengajar Dengan Kreatif Dan Menarik: Buku Pegangan Untuk Mengajar Pendidikan Agama Kristen. Yogjakarta: Andi Offset, 2007.

W, Sri Anitah. Strategi Pembelajaran, 2020.

Windisyahputra. Menghadirkan Lembaga PAUD Ideal. Takengon: Media Utama, 2014.

Dirjend PAUD-Dikmas, Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, Apa, Mengapa Dan Bagaimana. Jakarta: Jakarta: Dirjen PAUD-Dikmas, 2015.

Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini. Jakarta: Dirjen Pendidikan Luar Sekolah, 2003.

PAUD : Investasi Masa Depan Bangsa. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah, 2006.

Published

2021-06-23

Issue

Section

Articles