Persepsi Mahasiswa Mengenai Beban Tugas Membaca Terhadap Minat Baca Mahasiswa

Authors

  • Hengki Wijaya Wijaya
  • Mega Lisda Sekolah Tinggi Filsafat JAffray Makassar
  • Ivan Th.J. Weismann Sekolah Tinggi Filsafat Jaffray Makassar
  • Tri Supartini Sekolah Tinggi Filsafat Jaffray Makassar
  • Ezra Tari Institut Agama Kristen Negeri Kupang

DOI:

https://doi.org/10.34307/peada.v2i1.25

Keywords:

Lecturers, Reading, Students, task load, interest in reading

Abstract

This paper is a survey study of student perceptions regarding the burden of reading assignments on students' reading interest. In this digital era, students' reading interest in textbooks has decreased. The level of visits to the library has reduced. The rate of accessing digital content is higher than reading books. The purpose of this study was to examine the reading interest of students who were given reading assignments. The research method used by the author is quantitative. This method statistically analyzes students' reading interest. Based on the research, First, students read books because they are related to grades. Second, the reading task makes the level of interest in reading increase. Third, students can respond well to reading materials. Fourth, the workload can increase STF Jaffray Makassar library visits. 

Tulisan ini merupakan kajian survey persepsi mahasiswa mengenai beban tugas baca terhadap minat baca mahasiswa. Di era digital ini, minat baca mahasiswa terhadap buku teks mengalami penurunan. Tingkat kunjungan ke perpustakaan mengalami penurunan. Tingkat mengakses konten digital lebih tinggi dibanding buku bacaan. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji minat baca mahasiswa yang diberikan tugas baca. Metode penelitian yang dipakai penulis adalah kuantitatif. Metode ini menganalisis secara statistik minat baca mahasiswa. Berdasarkan penelitian, Pertama, mahasiswa membaca buku karena berkaitan dengan nilai. Kedua, tugas membaca membuat tingkat minat baca meningkat. Ketiga, mahasiswa dapat menanggapi dengan baik bahan bacaan. Keempat, beban tugas dapat meningkatkan kunjungan perpustakaan STF Jaffray Makassar.

References

Aini, Ibunda. Membaca & Menulis Seasyik Bermain. Bandung: Mizan Media Utama, 2006.

Alfian, Magdalia. “Pendidikan Sejarah Dan Permasalahn Yang Dihadapi.” Khazanah Pendidikan 3, no. 2 (February 1, 2011): 1–8.

Andina, Elga. “Strategi Dosen Dalam Pengondisian Perilaku Membaca Mahasiswa Di Era Digital: Studi Kasus Di Kalimantan Barat Dan Sulawesi Selatan.” Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial 8, no. 2 (2017): 195–206.

Ayesma, Pamela, Kurniawati, and Nurzengky Ibrahim. “Film Sejarah Sebagai Media Dalam Mengembangkan Literasi Di Era Digital.” In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 1:311–322, 2020.

Azamnouri, Nazanin, Reza Pishghadam, and Elham Naji Meidani. “The Role of Emotioncy in Cognitive Load and Sentence Comprehension of Language Learners.” Issues in Language Teaching 9, no. 1 (June 1, 2020): 29–55.

Bangsawan, Irwan P. Ratu. Minat Baca Siswa. Bayuasin: Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin, 2018.

Dafit, Febrina, Dea Mustika, and Ningrum Melihayatri. “Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa.” Jurnal Basicedu 4, no. 1 (January 24, 2020):

–130.

Darmono. Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo, 2007.

Hasibuan, Sri Wahyuni. “Kebiasaan Membaca Dan Pilihan Bacaan Pada Mahasiswa Pria Dan Wanita Di Universita Pembangunan Panca Budi.” JUMANT 10, no. 2 (December 11, 2018): 75–84.

Hidayah, Nurul, Sarwiji Suwandi, and Sri Hastuti. “Penerapan Metode PQRST Untuk Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa.” BASASTRA 2, no. 3 (August 1, 2014). Accessed June 4, 2021. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/7792.

Iwan, Hidayat Wahyu. Keterampilan Belajar (Study Skills) Untuk Mahasiswa. Jakarta: Kencana, 2018.

Karno, Perpustakaan Proklamator Bung. Buletin Perpustakaan Bung Karno. Th. IX / Vol. I / 2017: Media Informasi Perpustakaan Bung Karno. Perpustakaan ProklamatorBung Karno, n.d.

Laukapitang, Yunus. Wawancara Oleh Penulis, 25 Maret. Makassar, 2019.

Luthfiyah, Muh Fitrah &. Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. Jawa Barat: CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.

Maharani, Ony Dina. “Minat Baca Anak-Anak Di Kampoeng Baca Kabupaten Jember.” Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian 3,

no. 1 (January 15, 2017): 320–328. Accessed April 30, 2019. https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/1646.

Marimbun. “Minat Membaca Dan Implementasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling.” ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam) 2, no. 2 (December 19, 2019): 74–84.

Meliyawati. Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

. Pemahaman Dasar Membaca. Deepublish, 2016.

Mulya Sari, Fatimah. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Implementasi Film Dalam Pembelajaran Menulis Esai Argumentasi.” In Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra, 1–6, 2017.

Mulyadi, Mulyadi, Adlim Adlim, and Djufri Djufri. “Memberdayakan Kemampuan Berpikir Mahasiswa Melalaui Model Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA).” BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan 2, no. 1 (February 8, 2018): 33–37.

Ni’matullah, Onik Farida. “Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Membaca Siswa Terhadap Hasil Belajar Geografi SMA.” JPIG (Jurnal Pendidikan dan Ilmu Geografi) 3, no. 1 (2018): 197–205.

Putri, Shindriani. “Pemanfaatan Internet Untuk Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa PLS IKIP Siliwangi.” Comm-Edu (Community Education Journal) 3, no. 2 (May 8, 2020): 91–97.

Romafi, Romafi, and Tadkiroatun Musfiroh. “Hubungan Minat Membaca, Fasilitas Orang Tua, Dan Pemberian Tugas Membaca Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa.” LingTera 2, no. 2 (October 3, 2015): 185–199.

Rosmiasih. “Metode Penugasan Membuat Ringkasan Sebagai Alternatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Hewan (Animalia) Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pangkalpinang.” Jurnal Profesi Keguruan 5, no. 1 (May 12, 2019): 50–54.

Saepudin, Encang. “Tingkat Budaya Membaca Masyarakat (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kabupaten Bandung).” Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan 3, no. 2 (December 30, 2015): 271–282. Accessed April 30, 2019. http://journal.unpad.ac.id/jkip/article/view/10003.

Sari, Esti Swatika, and Setyawan Pujiono. “Budaya Literasi Di Kalangan Mahasiswa FBS UNY.” LITERA 16, no. 1 (June 5, 2017): 105–113.

Sari, Siti Purnama, Andika Triansyah, and Eka Supriatna. “Minta Membaca Mahasiswa Pendidikan Jasmani Di Perpustakaan Jurusan Ilmu Keolahragaan.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 8, no. 3 (March 21, 2019): 1–11.

Sello, Hendrik. Wawancara Oleh Penulis, 6 Februari. Makassar, 2019.

Srindahningsih. Jurus Epic Membaca: Cara Menciptakan Hobi Membaca. Sidoarjo: Embrio Plugbise, 2017.

Sugiarti, Uci. “Pentingnya Pembinaan Kegiatan Membaca Sebagai Implikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Basastra 1, no. 1 (June 27, 2012): 1–11.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.

Sun, Peng Kheng. To Be an Innovator. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013.

Sunaiyah, Salma. “Memacu Minat Membaca Bebas (Perpstakaan) Melalui Tugas Menulis.” UNIVERSUM: Jurnal KeIslaman dan Kebudayaan 9, no. 1 (January 1, 2015): 117–129.

Suparman, Ira Wulandari, Marlina Eliyanti, and Eli Hermawati. “Pengaruh Penyajian Materi Dalam Bnetuk Media Komik Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar.” Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan 7, no. 1 (May 30, 2020): 57–64.

Surangga, I Made Ngurah. “Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas.” Jurnal Penjaminan Mutu 3, no. 2 (August 31, 2017): 154–163.

Wahyuni, Sri. “Menubuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat.” Diksi 16, no. 2 (November 4, 2015): 1–11.

Widodo, Arif, Dyah Indraswati, Aisa Rahmatih Nikmah, and Setiani Novitasari. “Prestasi Belajar Mahasiswa PGSD PAda Mata KUliah Pengantar Pendidikan Ditinjau Dari Segi Minat Baca.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD)JBPD 4, no. 1 (January 27,

: 38–46.

Wijaya, Hengki. Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah TinggiTheologia Jaffray Makassar, 2016.

Yetti, Rivda. “Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadpa Minat Membaca Anak Ditinjau Dari Pendekatan Stres Lingkungan.” PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan IX, no. 1 (August 14, 2009): 17–28.

Yudantara, I Ketut Gede. Mengubah Ketidakpastian Menjadi Peluang. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2006.

Yung, Nasrul. Jangan Berhenti Mencoba. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2017.

Published

2021-06-23

Issue

Section

Articles