Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
This study aims to study the benefits of using the discussion method in improving student learning outcomes in Christian Religious Education subjects. This research uses classroom action research. The subjects of this study were a teacher and grade IV students of SD GMIT Oenaek Kabupaten Kupang. The results of the study can be studied in the first cycle and second cycle. In the first cycle students learning outcomes were obtained with an average grade of 72,12 out of 19 students. Of the 19 students, there were 11 people in the completed category, and 8 people in the not completed category. In the implementations of the second cycle of action obtained an average grade of 76,05 from 19 students. Students who participated 19 people, there are 17 people who are categorized as completed, and 2 people who are categorized as not completed. The results of monitoring cycle I and cycle II showed significant changes to the learning outcomes of students. Changes in learning using discussion methods in Christian Religious Education learning have improved the learning methods of students in class IV SD GMIT Oenaek Kabupaten Kupang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dari penggunaan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah seorang guru dan peserta didik kelas IV SD GMIT Oenaek Kabupaten Kupang. Hasil penelitian dapat digambarkan pada pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada siklus I diperoleh keterangan hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata kelas adalah 72,12 dari 19 orang peserta didik. Dari 19 orang peserta didik tersebut, terdapat 11 orang yang masuk kategori Tuntas, dan 8 orang yang masuk kategori Belum Tuntas. Pada pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh keterangan nilai rata-rata kelas adalah 76,05 dari 19 orang peserta didik. Peserta didik yang berjumlah 19 orang tersebut, terdapat 17 orang yang masuk kategori Tuntas, dan 2 orang yang masuk kategori Belum Tuntas. Hasil observasi siklus I dan siklus II menunjukkan perubahan yang signifikan atas pencapaian hasil belajar peserta didik. Perubahan ini menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran PAK telah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IV SD GMIT Oenaek Kabupaten Kupang.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Agung, Imanuel dan Made Astika. “Penerapan Metode Mengajar Yesus Menurut Injil Sinoptik dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen di SMA Gamaliel Makassar.” https://media.neliti.com/media/publications/137520-penerapan-metode-mengajar-yesus-menurut-2bc73c0e.pdf.
Ani, Widayati. “Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi – Universitas Negeri Yogyakarta 87.” JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN VI, no. 1 (2008): 87–93.
Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.
Arikunto, Suharsimi, dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen: Dari Yohanes Amos Comenius Sampai Perkembangan PAK Di Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.
Ermi, Netti. “Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru.” Sorot 10, no. 2 (2015): 155.
Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Hutapea, Rinto Hasiholan. “Instrumen Evaluasi Non-Tes Dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif Dan Psikomotorik.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 2 (2019): 151–165. http://jurnalbia.com/index.php/bia/article/view/94.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. Evaluasi Pembelajaran, 2012.
Kristanto, Paulus Lilik. Prinsip Dan Praktek PAK Penuntun Bagi Mahasiswa Teologi Dan PAK, Pelayan Gereja, Guru Agama Dan Keluarga Kristen. Yogyakarta: Andi Offset, 2007.
Nuhamara, Daniel. Pembimbing Pendidikan Agama Kristen. Bandung: Jurnal Info Media, 2009.
Sidjabat, B. S. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Kalam Hidup, 2011.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
Sumini. “Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Profesi Guru.” Jurnal pendidikan 2, no. 2 (2015): 1–17.
Suryosubroto, B. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Taniredja, Tukiran dkk. Model-Model Pembelajaran Inovatif Dan Efektif. Bandung: Alfabeta, 2014.
Walgito, Bimo. Psikologi Umum. Yogyakarta: Fak. Psikologi UGM, 1997.