Implementasi Model STAD untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI IPA 6 di SMA Negeri 1 Tana Toraja

Main Article Content

Natasia Irene
Syani Bombongan Rante Salu
Theo Dedy Palimbunga'

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa saat pembelajaran berlangsung, mereka cenderung bermain dan bahkan mengerjakan yang lainnya. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam kelas yang mengalami minat belajar yang kurang dengan menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Adapun penelitian ini dikatakan berhasil apabila  skor capaiannya mencapai 82% dari 36 subjek penelitian. Dari penelitian yang dilakukan ditemukan pada siklus I masih sangat kurang ditandai dengan hanya 28% siswa saja yang berminat sehingga pada siklus II peneliti menambahkan strategi dengan membagi kelompok pro dan kontra sehingga dari hasil ini sangat meningkat sebesar 83%. Maka dengan demikian, dapat penulis simpulkan bahwa dalam meningkatkan minat belajar siswa salah satu model pembelajaran yang tepat ialah Cooperative learning tipe STAD.

Article Details

How to Cite
Irene, N., Bombongan Rante Salu, S. ., & Dedy Palimbunga’, T. (2023). Implementasi Model STAD untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI IPA 6 di SMA Negeri 1 Tana Toraja. PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen, 4(1), 59-71. https://doi.org/10.34307/peada.v4i1.97
Section
Articles

References

Durrotunnisa. “Meningkatkan minat belajar kelompok mahasiswa program studi bimbingan dan konseling melalui layanan bimbingan belajar”.” Jurnal ilmu pendidikan 2, no. 2 (n.d.): 130.

Erlita Hidayah Nikamh. “Model pembelajaran student teams aschievement division (STAD) keaktifan dan hasil belajar siswa” Jurnal pendidikan geografi.” Jurnal kajian pendidikan dan pendidikan dasar 3, no. 3 (2014).

Isjoni. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta, 2014.

Khairina, I. “Strategi guru dalam menumbuhkan keaktifan belajar melalui Model STAD (StudenT Teams aschievement division) pada siswakelas V.” Jurnal penilaian siswa 1, no. 1 (2021): 27.

Laa, Neli. “Pengaruh Model pembelajaran kooperatif tipe student temas achievement division terhadap minat belajar siswa.” Jurnal pendidikan manajemen perkantoran 2, no. 2 (2017): 42.

Munawaroh, Siti. “Model pembelajaran kooperatife (cooperative Learning) dalam Startegi Belajar Mengajar Bahasa Arab.” In Prosiding konferensi nasional bahasa Arab II, 104. Malang, 2016.

Nurhasanah, Siti. “Minat belajar sebagai determinasi hasil belajar siswa.” Jurnal pendidikan manajemen perkantoran 1, no. 1 (n.d.): 130.

Simbolon, Naeklan. “Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar.” Jurnal kajian pendidikan dan pendidikan dasar 1, no. 1 (2013): 17.

Taniredja, Tukiran. Penelitian tindakan kelas untuk pengembangan profesi guru praktik, praktis dan mudah. Bandung: Alfabeta, 2013.