Implementasi Model STAD untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI IPA 6 di SMA Negeri 1 Tana Toraja
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa saat pembelajaran berlangsung, mereka cenderung bermain dan bahkan mengerjakan yang lainnya. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam kelas yang mengalami minat belajar yang kurang dengan menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Adapun penelitian ini dikatakan berhasil apabila skor capaiannya mencapai 82% dari 36 subjek penelitian. Dari penelitian yang dilakukan ditemukan pada siklus I masih sangat kurang ditandai dengan hanya 28% siswa saja yang berminat sehingga pada siklus II peneliti menambahkan strategi dengan membagi kelompok pro dan kontra sehingga dari hasil ini sangat meningkat sebesar 83%. Maka dengan demikian, dapat penulis simpulkan bahwa dalam meningkatkan minat belajar siswa salah satu model pembelajaran yang tepat ialah Cooperative learning tipe STAD.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Durrotunnisa. “Meningkatkan minat belajar kelompok mahasiswa program studi bimbingan dan konseling melalui layanan bimbingan belajar”.” Jurnal ilmu pendidikan 2, no. 2 (n.d.): 130.
Erlita Hidayah Nikamh. “Model pembelajaran student teams aschievement division (STAD) keaktifan dan hasil belajar siswa” Jurnal pendidikan geografi.” Jurnal kajian pendidikan dan pendidikan dasar 3, no. 3 (2014).
Isjoni. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta, 2014.
Khairina, I. “Strategi guru dalam menumbuhkan keaktifan belajar melalui Model STAD (StudenT Teams aschievement division) pada siswakelas V.” Jurnal penilaian siswa 1, no. 1 (2021): 27.
Laa, Neli. “Pengaruh Model pembelajaran kooperatif tipe student temas achievement division terhadap minat belajar siswa.” Jurnal pendidikan manajemen perkantoran 2, no. 2 (2017): 42.
Munawaroh, Siti. “Model pembelajaran kooperatife (cooperative Learning) dalam Startegi Belajar Mengajar Bahasa Arab.” In Prosiding konferensi nasional bahasa Arab II, 104. Malang, 2016.
Nurhasanah, Siti. “Minat belajar sebagai determinasi hasil belajar siswa.” Jurnal pendidikan manajemen perkantoran 1, no. 1 (n.d.): 130.
Simbolon, Naeklan. “Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar.” Jurnal kajian pendidikan dan pendidikan dasar 1, no. 1 (2013): 17.
Taniredja, Tukiran. Penelitian tindakan kelas untuk pengembangan profesi guru praktik, praktis dan mudah. Bandung: Alfabeta, 2013.