Pendidikan Kristiani Multikultural dalam Kurikulum Katekisasi di Resort GKE Kasongan
Main Article Content
Abstract
Pendidikan kristiani multikultural dalam kurikulum katekisasi di resort GKE Kasongan merupakan gambaran bagaimana kurikulum katekisasi di resort GKE Kasongan menjadikan konteks keberagaman sebagai bagian dari proses pembelajaran jemaat melalui katerkisasi. Jemaat di resort GKE Kasongan berada dalam lingkunan masyarakat multikutur, kesadaran akan keberagaman perlu dibangun salah satunya melakui katekisasi. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Guna mengetahui sejauh mana pendidikan kristiani multikultural dilaksanakan di resort GKE Kasongan melalui katekisasi. Wawancara dilakukan kepada pendeta-pendeta jemaat yang berada di lingkup Resost GKE Kasongan dan menjadi pengajar katekisasi. Pemikiran James Bank mengenai pendidikan multikultur menjadi landasan teori dalam penelitian ini, didukung teori katekisasi menurut GKE dan Katakimus Heidelberg dan teori kurikulum. Dari hasil penelitian ditemukan hasil; terdapat kurikulum katekisasi berupa buku pedoman katekisasi seperti Katekimus Hedenberg dan buku Katekisasi GKE. Akan tetapi tidak ada topik yang dikhususkan untuk membahas tentang multikultural. pendidikan Kristiani multikultur dilaksanakan oleh pengajar katekisasi dengan mengkaitkan topik-topik katekisasi yang memang bisa dihubungkan dengan multikultur.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Banks, James A. & Cherry A. McGee Banks (ed.). Multicultural Education: Issues and Perspectives, New York: John Wiley & Sons, 2001.
Baidhawy, Zakiyuddin. Pendidikan agama berwawasan multikultural. Jakarta: Erlangga, 2005.
Christiani, Tabita Kartika. Pendidikan Kristiani dalam Masyarakat Majemuk, Switzerland: Global ethic.net, 2014
Freire, Paulo. Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: LP3S, 2006.
Harris. Maria. Fashion Me A People: Curriculum in the Church. Lousiville: Westminster/John Knox Press, 1989.
Kurniawati, Maryam. Pendidikan Kristiani Multikultur, Tangerang: Bamboo Bridge Press, 2014.
Lidim, Wardiman S. Himpunan Peraturan GKE. Banjarmasin: Badan Pekerja Harian Majelis Jemaat GKE, 2016.
Moloeng, Lexy J. Methodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: CV Pernerbit Remaja karya, 1992.
Mahfud, Choirul. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.
Nasution, S.2006. Asas-asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara
Bugin, B. Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada, 2001.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabet, 2008.
Seymour, Jack L. Mapping Christian Education Appoaches to Congregational Leraning, Nashville: Abingdon Press, 2016.
TIM Majelis Sinode GKE. Katekismus Gereja Kristen Evagelis. Banjarmasin: Majelis Sinode GKE, 2016.
Ursinus, Zakharias dan Olevianus, Caspar. Katekismus Heidelberg (Pengajaran Agama Kristen). Jakarta: BPK GM, 2016.
Ukur, Fridolin. Tuaiannya Sungguh Banyak (Sejarah Gereja Kalimantan Evangelis Sejak Tahun 1835. Jakarta: BPK, 2000.
Ukur, Fridolin. Tantang – Djawab Suku Dajak. Jakarta: BPK, 1971
Wyckoff. D. Campbell. Theory and Design of Christian Education Curriculum. Philadelphia: The Westminster Pres, 1962.
Yulaelawati, Ella. Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofi, Teori dan Aplikasi. Bandung Pakar Raya, 2004.
Zaenab, Siti. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif: Perspektif Kekinian, Malang: Selaras, 2015.