Merangkul Anak dalam Pelayanan Kasih Sayang Berdasarkan Konteks Gereja Toraja

Main Article Content

Yanni Paembonan
Rindi Indraswary
Agustian Simu
Julianti Irri

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai adalah menguraikan strategi yang efektif untuk merangkul anak dalam pelayanan kasih berdasarkan konteks Gereja Toraja. Fokus masalah dalam penelitian ini: pertama, menitik beratkan pada strategi untuk meretas pelayanan kasih berdasarkan konteks Gereja Toraja di tengah kondisi sosial yang tidak stabil. Kedua, menemukan perspektif baru dalam pelayanan yang merangkul anak dalam kasih sayang.. Metode yang digunakan adalah descriptive qualitative dengan literature study dan observasi langsung. Berangkat dari sejarah, berbagai teori pendidikan, dan aturan-aturan yang disusun oleh Gereja Toraja menjadi titik tolak teori. Hasil yang diperoleh adalah strategi merangkul anak dalam pelayanan kasih sayang dalam tiga strategi yaitu secara konteks, struktural, dan teknis. Secara konteks tidak terlepas dari budaya yang dianut pada Tongkonan dan kehadiran gereja dilambangkan sebagai Tongkonan Kristus yang sejati. Secara struktural, Gereja Toraja memiliki dokumen-dokumen keesaan gereja seperti tata kerja dan pengakuan yang diturunkan kepada OIG termasuk SMGT yang kemudian dibuat dalam tata kerja dan undang-undang perlindungan anak, pembimbing diberikan kesempatan mengikuti berbagai pelatihan, dan tersedianya kurikulum. Secara teknis dilihat dalam enam tahap antara lain; dukungan keluarga, interaksi-relasi, komitmen melalui support dan motivasi, membangun Self-confidence, keterlibatan dalam pelayanan, dan merangkul dengan kasih sayang.

Article Details

How to Cite
Paembonan, Y., Indraswary, R., Simu, A., & Irri, J. (2023). Merangkul Anak dalam Pelayanan Kasih Sayang Berdasarkan Konteks Gereja Toraja. PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen, 4(1), 31-43. https://doi.org/10.34307/peada.v4i1.100
Section
Articles
Author Biography

Yanni Paembonan, IAKN Toraja

 

 

References

Abdi, Opini, Putra Hia, and Sandy Juliarni Zega. “Menjadi Gereja Ramah Anak Dalam Meningkatkan Spiritualitas Dan Sosial Anak.” SUNDERMANN Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan (2022): 23–31. https://jurnal.sttsundermann.ac.id.

Bermawy Munthe. Strategi Mengajar Aktif, Kreatif, Inovatif. Yogyakarta: Suka Press, 2017.

BPS Gereja Toraja. Tata Gereja Toraja. Rantepao: Sulo, 2017.

Drescher, John M. Orangtua Penerus Obor Iman Anak. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.

Ismail, Andar. “Ajarlah Mereka Melakukan.” 6th ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.

Kobong, Theodorus. Gereja Adalah Pelayanan. 3rd ed. Rantepao: Sulo, 2004.

Lawrence O. Richard. Pelayanan Kepada Anak-Anak Mengayomi Kehidupan Iman Dalam Keluarga Allah. 5th ed. Bandung: Kalam Hidup, 2006.

Malonta, Gloria Ayu Kristin, and Yuberlian Padele. “Gereja Menjadi Sahabat Suatu Penelusuran Terhadap Identitas Gereja Untuk Merangkul Mereka Yang Terpinggirkan.” EUPURO: Jurnal Ilmiah Teologi dan Pendidikan Kristiani Vol. 1 no., no. https://jurnal.sttgkst.ac.id/index.php/uepuro/issue/view/3 (2021): 49–66.

Marrus. Desain Penelitian Manajemen Strategik. jakarta: Rajawali Press, 2020.

Marvin Wilson. Our Father Abraham:Jewish Roots of the Christian Faith. Grand Rapids: Eerdmans, 2016.

PP SMGT. Tata Kerja Dan Undang-Undang Perlindungan Anak,. Rantepao: Sulo, 2014.

Rick Warren. Pertumbuhan Gereja Masa Kini. 6th ed. Malang: Gandum Mas, 2018.

Rini Sumanti Sapalakkai, Agiana Her Visnhu Ditakristi, Benteng Martua Maharaja Purba. “Konsep Dasar Pelayanan Anak Menurut Matius 19:13-15 Dan Implementasinya Terhadap Kualitas Pelayanan Guru Serta Pertumbuhan Rohani Anak Sekolah Minggu.” REAL DIDACHE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2020): 13–15.

Robert J. Keeley. Menjadikan Anak-Anak Bertumbuh Dalam Iman. 5th ed. Yogyakarta: ANDI, 2013.

Sule, Ernie Tisnawati dan Saefullah, and Kurniawan. Pengantar Manajemen. 1st ed. jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Suriansyah, Ahmad, and Aslamiah. “Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini” (2011): 1–13.

Syaiful Sagala. Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan : Pembuka Ruang Kreativitas, Inovasi Dan Pemberdayaan Potensi Sekolah Dalam Sistem Otonomi Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2013.

Th. V.d End. Sumber-Sumber Zending Tentang Sejarah Gereja Toraja, 1961.