PEADA': Jurnal Pendidikan Kristen

Peada’ dari kata dasar ada’ artinya ajar, ajaran; peada’ artinya nasihat. Nasihat dipahami sebagai ajaran atau pelajaran baik. Sebabnya, konsep peada’ bermuara pada pendidikan karakter yang merupakan inti didikan orang tua bagi anak atau generasi muda pada umumnya dalam kehidupan masyarakat Toraja. Bukti autentik dalam masyarakat Toraja adalah londe (pantun) dalam berbagai jenis termasuk jenis pantun nasihat yang digunakan dalam mendidik generasi muda dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam konteks kekristenan, ada kitab Amsal yang diterjemahkan Sarambu Peada’. Sarambu Peada’ terutama ditujukan kepada anak-anak muda; mengajarkan bahwa hikmat yang sejati tidak dapat diperoleh di luar Allah. Hikmat itu menolong membedakan yang baik dan jahat, benar dan salah, sudut pandang Ilahi atau manusiawi (bdk. Amsal 1:2-7). Sarambu Peada’ berisi hal-hal yang mudah dilakukan tanpa batas waktu. Secara konotatif maupun denotatif makna peada’ selalu mengarah pada hikmat (kakinaan).

Yesus yang adalah Guru Agung selain mengajarkan pengetahuan untuk mengisi hati dan pikiran para murid, sekaligus menggunakan kehidupannya sebagai buah pengajaran-Nya untuk menguatkan dan meneguhkan orang percaya. Karena itu, peada’ yang benar hanya dijumpai dalam Kristus. Pada konteks itulah Jurnal Peada’ hadir, memuat artikel dan penelitian dari para cendekia Kristen sehingga menjadi sumber pengetahuan yang dapat diajarkan atau dipelajari sehingga menimbulkan hikmat dalam mengelola kehidupan yang memuliakan Allah.

Call for Papers (CLOSED)

2023-11-03

This call for paper is now closed for the December 2023 edition. Authors may submit their papers for consideration for the June and December 2024 editions.

Vol. 4 No. 2 (2023): Desember 2023

Published: 2023-12-18

Menuju Pendidikan Agama Kristen yang Relevan: Teroka Teologis Peran Teknologi Informasi dalam Menghadapi Tantangan Abad Ketiga

Naomi Sampe, Rannu Sanderan, Fery Hendra, Fajar Kelana

72-84

Abstract Views: 96 times | Downloaded: 89 times
DOI: https://doi.org/10.34307/peada.v4i2.102

Pengenalan Nilai-Nilai PAK melalui Metode Cerita Menggunakan Media Hand Puppet sebagai Tindakan Preventif terhadap Perilaku Bullying pada Anak Usia Dini

Leo Swastani Zai, Meniria Laoli, Elieser R Marampa

85-99

Abstract Views: 77 times | Downloaded: 81 times
DOI: https://doi.org/10.34307/peada.v4i2.125

Strategi Guru PAK dan Orang Tua Kristen dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Abad 21

Septiana Christi Gulo, Yublina Kasse

100-115

Abstract Views: 58 times | Downloaded: 60 times
DOI: https://doi.org/10.34307/peada.v4i2.105

Pengaruh Strategi Engagement Learning dalam Pembelajaran Agama Kristen terhadap Social Skills Siswa

Lidia Susanti, Selly Agustina

116-126

Abstract Views: 20 times | Downloaded: 18 times
DOI: https://doi.org/10.34307/peada.v4i2.142

Peran Pendidikan Keluarga dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0

Riany Bara Tulak

127-138

Abstract Views: 56 times | Downloaded: 42 times
DOI: https://doi.org/10.34307/peada.v4i2.73
View All Issues