About the Journal

PEADA': Jurnal Pendidikan Kristen

Peada’ dari kata dasar ada’ artinya ajar, ajaran; peada’ artinya nasihat. Nasihat dipahami sebagai ajaran atau pelajaran baik. Sebabnya, konsep peada’ bermuara pada pendidikan karakter yang merupakan inti didikan orang tua bagi anak atau generasi muda pada umumnya dalam kehidupan masyarakat Toraja. Bukti autentik dalam masyarakat Toraja adalah londe (pantun) dalam berbagai jenis termasuk jenis pantun nasihat yang digunakan dalam mendidik generasi muda dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam konteks kekristenan, ada kitab Amsal yang diterjemahkan Sarambu Peada’. Sarambu Peada’ terutama ditujukan kepada anak-anak muda; mengajarkan bahwa hikmat yang sejati tidak dapat diperoleh di luar Allah. Hikmat itu menolong membedakan yang baik dan jahat, benar dan salah, sudut pandang Ilahi atau manusiawi (bdk. Amsal 1:2-7). Sarambu Peada’ berisi hal-hal yang mudah dilakukan tanpa batas waktu. Secara konotatif maupun denotatif makna peada’ selalu mengarah pada hikmat (kakinaan).

Yesus yang adalah Guru Agung selain mengajarkan pengetahuan untuk mengisi hati dan pikiran para murid, sekaligus menggunakan kehidupannya sebagai buah pengajaran-Nya untuk menguatkan dan meneguhkan orang percaya. Karena itu, peada’ yang benar hanya dijumpai dalam Kristus. Pada konteks itulah Jurnal Peada’ hadir, memuat artikel dan penelitian dari para cendekia Kristen sehingga menjadi sumber pengetahuan yang dapat diajarkan atau dipelajari sehingga menimbulkan hikmat dalam mengelola kehidupan yang memuliakan Allah.

Announcements

Current Issue

Vol. 3 No. 2 (2022): Desember 2022
Published: 2022-12-09

Articles

  • Restifani Cahyami, Resta Gloria, Desrin
    75-88
    DOI: https://doi.org/10.34307/peada.v3i2.85
  • Christian Elyesar Randalele, Bartolomius Budi, Dorce Desi Nabu'
    89-101
    DOI: https://doi.org/10.34307/peada.v3i2.86
  • Setiaman Larosa, Sorni Lami
    102-119
    DOI: https://doi.org/10.34307/peada.v3i2.67
  • Esti Regina Boiliu
    120-131
    DOI: https://doi.org/10.34307/peada.v3i2.69
  • Setrianto Tarrapa, Alfonso Johanres Tonu Lema
    132-143
    DOI: https://doi.org/10.34307/peada.v3i2.92
View All Issues