Strategi Pembelajaran di Taman Kanak-kanak (TK) pada Era Pandemi Covid-19

Authors

  • James Anderson Lola IAKN Toraja

DOI:

https://doi.org/10.34307/peada.v1i2.18

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Taman Kanak-Kanak (TK), Pembelajaran jarak Jauh (PJJ)

Abstract

Abstract: Covid-19 which has spread to almost all over the world, including in Indonesia, has brought many changes, and one of the sectors which have the most changes is education, because as an effect of the Covid-19, learning must be done remotely or distance Learning (PJJ), and also must be done in early childhood in Kindergarten (TK). Learning in kindergarten that is oriented towards the development of the child as an individual through the Developmentally Approach Practice (DAP) learning strategy which emphasizes the interaction between teacher and child, and the child and his / her environment must begin to adjust to a pandemic situation so that children's development can take place holistically.

Abstrak: Pandemi Covid-19 yang menyebar ke hampir seluruh dunia termasuk di Indonesia, telah membawa begitu banyak perubahan, dan salah satu sektor yang paling banyak mengalami perubahan adalah dunia pendidikan, karena akibat pandemi Covid-19, pembelajaran harus dilakukan jarak jauh (PJJ) termasuk juga pembelajaran pada anak usia dini yang berada di Taman Kanak-kanak (TK). Pembelajaran di TK yang berorientasi pada perkembangan anak sebagai sebuah individu melalui strategi pembelajaran Developmentally Approach Practice (DAP) yang begitu menekankan interaksi antara guru dan anak, dan anak dengan lingkungannya harus mulai menyesuaikan diri dengan situasi pandemi, agar perkembangan anak dapat berlangsung secara holistik. Salah satu strategi yang bisa digunakan adalah penggunaan media yang sangat popular di kalangan anak usia dini yaitu menggunakan video yang di desain seperti yang ada di Youtube.

References

Akbar Reni Hawari. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Grasindo, 2001.

Asaas Putra, Diah Ayu Patmaningrum. “Pengaruh Youtube di Smartphone Terhadap Perkembangan Komunikasi Interpersonal Anak.” Jurnal Penelitian Komunikas 21, no. 2 (2018): 159–72. https://doi.org/10.20422/jpk.v21i2.589.

Carrol Seefeldt & Nita Barbour. Early Childhood Education an Introduction, Fourth Edition. New Jersey: Merril of Pratince Hall, 1998.

Cipta Pramana. “Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Masa Pandemi Covid-19.” Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini 2, no. 2 (2020): 115–24. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557.

Eko Suhendro. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19.” GOLDEN AGE Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 5, no. 3 (2020): 133–40. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05.

Gerlach, Veron S, Ehg. Donal P. Teaching and Media: A System Approach. New Jersey: Prentice Hall, 1980.

Gunarsa, Singgih D. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1991.

Halida. “Group Investigation Model (Pembelajaran Terpadu Anak Usia Dini).” Jurnal Pembelajaran Prospektif 1, no. 2 (2016): 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m.

Harsanto, R. Pengelolaan Kelas yang Dinamis: Paradigma Baru Pembelajaran Menuju Kompetensi Siswa. Yogyakarta: Kanisius, 2007.

Holis, Ade. “Belajar Melalui Bermain Untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Universitas Garut 09, no. 1 (2017). http://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/download/84/86.

J. Et. Al. Van Horn. Play at Centre of the Curriculum. New York: Macmillan, 1993.

Karim, Daryanto & Syaiful. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media, 2017.

Old, Diane E. Papalia & Sally Wndoks. Human Development. New York: Mc.GrawHill Inc, 1995.

Ryan Dwi Puspita , Dinar Nurinten, Heni Nafiqoh, Mubiar Agustin. “Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 334–45. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598.

Sue Bredekamp. Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Program Servings Childhood from Birth Through Age 8. USA: NAEYC, 1986.

Sunarto, H. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Zain, Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Published

2020-12-29